Wednesday, February 24, 2010

Kabar Formula 1 (13)

Hasil Uji Coba Jerez 2010

McLaren-Mercedes kembali menunjukkan bahwa mereka sudah siap mengarungi kompetisi Formula 1 (F1) musim 2010. Mobil mereka menguasai dua edisi uji coba yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol. Lewis Hamilton menjadi yang tercepat pada uji coba 10-13 Februari. Sementara Jenson Button menorehkan catatan waktu tercepat kombinasi uji coba pada 17-20 Februari.

Keberhasilan Button menjadi yang tercepat pada hari terakhir tes sama sekali tak terganggu cuaca buruk seperti hari-hari sebelumnya. Button mencatat waktu 1 menit 18,871 detik. Itu merupakan catatan waktu terbaik selama latihan empat hari di Jerez. Maka, pembalap Inggris tersebut memimpin perolehan waktu terbaik pada tes pramusim ketiga (kombinasi waktu), setelah di Valencia awal bulan ini dan di Jerez pekan lalu.

Kali ini Button mengalahkan catatan waktu terbaik yang dibuat Hamilton pekan lalu. Juara dunia 2009 itu unggul 0,7 detik atas raihan rekan setimnya tersebut, yang pekan lalu mencatat waktu terbaik sepanjang latihan pramusim kedua. Di belakang Button ada pembalap Renault Robert Kubica dan pembalap Sauber Kamui Kobayashi.

Mark Webber, yang pada tes hari terakhir hanya di urutan kedelapan, berada di posisi keempat catatan waktu terbaik sepanjang pekan ini. Keberhasilan pembalap Red Bull Racing itu dicapai berkat raihannya pada tes hari pertama Rabu (17/2). Saat dia menjadi yang tercepat dengan torehan 1 menit 19,299 detik.

Sementara itu, para pembalap Ferrari dan Mercedes GP terlempar dari urutan lima besar. Fernando Alonso harus puas di urutan ketujuh dan Felipe Massa di urutan ke-15. Sedangkan duet Mercedes Nico Rosberg berada di posisi keenam dan Michael Schumacher di urutan kesepuluh.

Meski demikian, hasil tes sudah membuat Ferrari puas. Alonso mengakui, Ferrari F10 merupakan mobil terbaik yang pernah dikendarainya. Pembalap Spanyol itu juga menyatakan, F10 belum menunjukkan yang bisa dilakukannya. "Tak ada alasan untuk pesimistis. Ini merupakan mobil terbaik yang pernah saya kendarai," ungkap juara dunia F1 2005 dan 2006 tersebut.

Massa dan Alonso bergantian mencoba mobil. Massa mencoba di dua hari pertama, sedangkan sisanya jatah Alonso. Beruntung bagi Alonso, dia bisa menikmati latihan dalam cuaca yang bagus di Jerez akhir pekan ini. Tak perlu heran jika dia bisa menyelesaikan banyak lap, mencapai total 269, selama dua hari.

"Red Bull, McLaren, dan Renault sangat cepat dan mereka sudah memperlihatkan kartunya, sedangkan kami masih menyembunyikannya," ucap Alonso.

"Mungkin Ferrari perlu perbaikan pada short runs dengan bahan bakar sedikit. Red Bull dan McLaren lebih cepat untuk itu. Sehingga akan menjadi referensi untuk percobaan dan perbaikan bagi F10 pada tes berikutnya di Barcelona," sambungnya.

Pernyataan Alonso tersebut muncul setelah Button mengatakan sangat memperhitungkan Ferrari. Button mengakui, Ferrari sudah mendapatkan mobil yang tangguh. "Saya pikir Ferrari punya mobil yang sangat kuat. Jika Anda melihat penampilannya, mereka sangat konsisten. Saya pikir saat ini mereka tim yang paling konsisten," tegas Button sehari sebelumnya

No comments:

Post a Comment