Friday, June 17, 2011

Siomay Bandung

Resep Masakan Siomay Bandung


Bahan Siomay :
- 300 g daging ikan tenggiri, cincang halus
- 50 g tepung kanji (penggunaan disesuaikan)
- 100 ml air kaldu (kaldu bisa dari tulang ikan tenggiri)
- 1 sdm minyak wijen
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- 1 batang daun bawang
- merica, garam, gula secukupnya

Bahan Bumbu Kacang:
- 300 g kacang tanah sangrai
- 4 bh bawang putih
- cabai merah secukupnya (kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau bisa disesuaikan dengan selera.)
- 2 sdm gula pasir
- 2 sdm garam
- air matang secukupnya

Bahan Pelengkap :
- Kol (dibuang bagian tengah yang tebel dan keras)
- Tahu putih
- Kentang
- Telor ayam rebus
- Jeruk limau
- Kecap
- Saus sambal
Cara Membuat:
1. Kentang dipotong-potong sesuai selera.
2. Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerokan tahunya ini dihaluskan, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay. Disesuaikan, jika kelihatan bahan siomay sudah cukup pekat nempel atau belum.
3. Setelah itu adonan siomay ini terus dimasukin ke bagian tahu yang dikerok, masukin juga ke dalam pare, dan sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air.
4. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang.
5. Selanjutnya adalah membuat saus kacangnya. Kacang diulek sampai halus, dan sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, sampai kental atau encer sesuai selera.
6. Hidangkanlah siomay bersama kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahkan kecap sama perasan jeruk limau. Dan bisa tambahkan saus sambal kalo kurang pedas.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Source: http://resepmasakanindonesia.info/

No comments:

Post a Comment