Sunday, July 10, 2011

Cara Membuat Siomay

Cara Membuat Siomay

Kepingin makan makanan yang tidak terlalu berat tapi cukup memuaskan? Negeri ini punya banyak sekali pilihan jenis makanan semacam itu, sebut saja bakso, gado-gado, bubur ayam, batagor dan tentu saja siomay. Siomay atau Siu Mai tentu saja bukan makanan asli Indonesia, makanan ini merupakan salah satu jenis dumpling, varian dim sum yang berasal dari China, melalui proses adaptasi  di negeri kita terciptalah siomay dengan bumbu dan racikan saus kacang yang  disesuaikan dengan lidah lokal. Salah satunya yang terkenal tentu saja Siomay Bandung, begitu banyak resto di Bandung yang menyajikan siomay dan batagor yang lezat sehingga rugi rasanya kalau kesana melewatkan kesempatan untuk menikmati makanan ini.

Di Jakarta banyak juga restoran atau toko kue yang meyediakan siomay yang lezat,  salah satunya yang saya suka beli adalah siomay di Kari Umbi.  Kebetulan jarak rumah Pete yang tidak terlalu jauh dengan Blok M, tempat dimana Kari Umbi membuka salah satu cabangnya. Siomay-nya imut-imut dengan rasa ikan dan udang yang kuat, lezat sekali. Karena imut-imut maka sekali duduk makan bisa menyantap beberapa buah sekaligus. Sedap.



Tapi bagaimana jika rumah tinggal anda jauh dari mana-mana, boro-boro siomay yang lezat, mencari warung padangpun susah. Atau ketika anda sedang malas keluar rumah, tapi ingin menyajikan sesuatu yang spesial hasil karya anda sendiri untuk keluarga? Atau... mungkin hanya sekedar mengasah ketrampilan memasak untuk mencari kepuasan diri jika berhasil membuatnya, seperti yang saya lakukan. Nah, kalau anda mengalami satu dari hal-hal diatas mengapa tidak mencoba untuk membuat siomay sendiri? Caranya mudah dan rasanya lezat. Anda bisa menggunakan kulit pangsit siap pakai yang banyak di jual di pasar & supermarket atau membuat kulitnya sendiri. Resep kulitnya silahkan klik postingan saya sebelumnya di Adonan Dasar Untuk Kulit Dumpling & Siomay.

Berikut resepnya.


Siomay Ayam, Ikan & Udang

Resep diadaptasikan dari:
Cook Eat Share, by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough
Use Real Butter, Chinese Dumplings and Potsticker
Blog Agnes Tri Harjaningrum, Siomay Bandung
Tabloid Nova, Siomay Bandung

Untuk 15 buah siomay

Siapkan kulit siomay

Bahan isi:

- 100 gram daging ayam cincang, saya menggunakan bagian dada

- 100 gram udang, buang kepala dan kulit, cincang

- 200 gram ikan tuna, cincang

- 3 sendok makan tepung tapioka

- 1 butir telur

- 100 ml air


Bumbu:

- 1 sendok teh soy sauce

- 1/2 sendok teh saus tiram

- 1 sendok teh kecap ikan

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 2 siung bawang merah, parut

- 1 1/2 siung bawang putih, parut

- 1 1/2 sendok makan ebi kering, rendam air panas

- 1/4 sendok teh kaldu bubuk

- 1/2 sendok teh jahe parut

- 1 sendok teh gula pasir

- 1/2 sendok teh garam

Saus kacang:

- 200 gram kacang tanah, goreng, tiriskan
- 3 buah cabai rawit
- 3 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 300 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Masukkan semua bahan isi siomay dan bumbu ke dalam mangkuk, aduk rata.


Siapkan blender, masukkan adonan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga lembut. Tuangkan adonan ke dalam mangkuk, cicipi rasanya.



Sekarang kita akan membungkusnya dengan kulit pangsit, anda bisa membiarkan kulit pangsitnya berbentuk segi empat atau mencetak kulitnya menggunakan gelas sehingga menjadi berbentuk lingkaran seperti yang saya lakukan.


Buat posisi jari tangan kiri anda seperti hendak menggenggam, letakkan selembar kulit pangsit di atas lingkaran jari-jari tangan anda. Beri satu sendok adonan isi sambil kulit ditekan masuk ke dalam genggaman tangan sehingga membentuk seperti keranjang kecil. Rapikan lipatannya, biarkan bagian atasnya terbuka.



Lakukan hingga semua adonan habis. Siapkan kukusan, bisa menggunakan dandang alumunium atau kukusan dim sum dari bambu. Alasi dasar kukusan menggunakan lembaran sawi putih agar tidak lengket didasar kukusan. Tata siomay berdampingan, jangan ditumpuk, karena siomay akan lengket satu sama lain.



Kukus selama 20 menit, hingga adonan isi matang dan kulit siomay berubah menjadi mengkilap.



Angkat siomay dari kukusan dan biarkan dingin.

Cara membuat saus kacang:
Panaskan wajan, beri minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang. Angkat.

Haluskan kacang goreng dan bumbu tumis, tuangkan ke dalam panci kecil, tambahkan air, garam, gula, kaldu bubuk dan kecap manis. Masak hingga mendidih dan mengental. Cicipi rasanya. Angkat.



Tata siomay di atas piring saji, siram dengan saus kacang lengkapi dengan kecap manis, saus sambal botolan dan perasan air jeruk limo.

Siomay siap disantap. Enjoy.

No comments:

Post a Comment