Sunday, July 10, 2011

Resep Cake Coklat Kukus



Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)



Saya kadang terheran-heran sendiri dengan resep-resep cake dalam negeri yang suka sekali menggunakan telur berbelas bahkan berpuluh butir. Lebih takjub lagi kalau menemukan resep yang ingredients-nya menyebutkan: 12 butir telur dan 6 kuning telur. Tobat! Lantas sisa 6 putih telur lainnya mau diapakan yak? Atau resep kue lapis legit yang menggunakan 90 butir telur. 90 butir! Hampir 6 kilo telur sendiri digunakan untuk satu loyang kue. High cholesterol and high cost.


Well, akhirnya sayapun menghindari cake-cake yang seperti itu, selain berat diongkos juga kurang tantangan, dengan telur sebanyak itu cakenya pasti lezat. Bagi saya,  akan menjadi satu kebanggaan tersendiri jika berhasil membuat cake dengan bahan yang minim tetapi dengan rasa yang sedap (alasan yang dicari-cari padahal sebenarnya ngirit menjadi fokus utama). Yah, yang penting hobi memasak masih bisa jalan terus tanpa berat di kocek :)

Berbeda dengan resep cake dari luar yang sering saya gunakan sebagai bahan referensi. Rata-rata resep cakenya menggunakan telur dengan jumlah yang 'sedikit'. Kecuali mungkin untuk resep Angel Chiffon Cake yang memang memerlukan putih telur dalam jumlah yang banyak. 

Okeh, saya hentikan sesi curhat saya yang mungkin membuat anda bosan. Mari kita bahas Cake Coklat Kukus, cake ini merupakan contoh salah satu dari banyak cake yang menggunakan bahan murah meriah tetapi dengan hasil akhir yang mantap. Dan bagi anda yang alergi dalam panggang memanggang seperti teman kantor saya, Meta. Cake ini layak untuk dicoba. Tekstur cakenya begitu moist dan lembut, rasanya juga lezat sehingga sulit dipercaya kue ini keluar dari dandang kukusan. 


Membuatnya juga sangat mudah dan relatif cepat. So this time, no mixer and no baking. Tipsnya: 
  1. Gunakan baking powder yang berkualitas dan masih fresh, jika baking powder anda telah mendekati kadaluarsa atau telah lama anda simpan dan tidak jelas tanggal masa berlakunya jangan digunakan.  
  2. Panaskan dandang sebelum loyang kue kita masukkan supaya panas dandang kukusan stabil.
  3. Isi air di dandang kukusan hingga hampir menyentuh kawat saringan, kukus cake selama 40 menit tanpa dibuka-buka dengan api sedang besar hingga kue matang. Membuka dandang bahkan hanya untuk sekedar mengintip karya anda akan menyebabkan panas di dalam dandang berkurang sehingga kue tidak mekar. 
Berikut resep dan cara pembuatannya. 


Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)
Resep diadaptasikan dari The Lazy Chef, Steamed Moist Chocolate Cake

Bahan cake:
- 170 gram mentega
- 110 gram gula halus
- 200 ml susu cair full cream
- 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu
- 110 gram tepung terigu protein rendah
- 50 gram coklat bubuk (resep asli 60 gram)
- 1/4 sendok teh baking soda (resep asli 1/2 sendok teh)
- 1 sendok teh baking powder (resep asli 1/2 sendok teh)
- 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4  sendok teh vanili bubuk

Bahan topping untuk pelapis permukaan cake:
- 100 gram coklat blok putih
- 30 gram mentega
- 100 ml susu cair
- coklat messes untuk taburan

Cara membuat:
Siapkan loyang yang berlubang tengahnya, saya menggunakan loyang chiffon dengan garis tengah 25 cm. Anda bisa menggunakan loyang loaf. Olesi mentega agak banyak dan taburi tepung terigu hingga merata. Pastikan seluruh permukaan loyang tertutupi tepung.
 
Dalam panci kecil, campur gula, mentega, susu dan vanila. Panaskan hingga gula dan mentega larut, aduk-aduk. Angkat, biarkan supaya agak sedikit mendingin.

Ayak bahan kering: tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder di dalam mangkuk. Sisihkan.


Jika larutan mentega gula sudah agak hangat tandanya jari tangan anda telah bisa dicelupkan ke dalamnya, masukkan kocokan telur ke dalamnya. Jangan masukkan telur ketika mentega dan gula masih panas karena telur ayam bisa menjadi berserabut. Aduk rata.


Masukkan larutan telur, mentega dan gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk-aduk pelan. Jangan mengaduk adonan kuat-kuat dan aduk hanya sebentar (seperlunya saja) yang penting sebagian besar tepung telah basah dan bercampur larutan. Jika masih ada tepung  yang menggumpal biarkan saja.  Adonan yang terbentuk agak cair dan ketika di sendokkan akan mengalir jatuh dengan mudah.

Tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan loyang kue dengan alumunium foil atau tutup permukaan dandang dengan kain bersih kemudian baru ditutup dengan penutup dandang. 


Kukus selama 45 menit dengan api sedang besar dan jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus. Angkat kue dan biarkan agar mendingin sebelum dilepaskan dari loyang. Biarkan cake dingin sempurna di rak kawat. 


Sambil menunggu cake dingin, kita buat toppingnya.


Masukkan coklat blok, mentega dan susu cair ke dalam panci. Panaskan hingga semua bahan meleleh. Angkat. Aduk-aduk coklat hingga menjadi cairan kental.


Pastikan cake benar-benar dingin sebelum diolesi topping. Letakkan alas di bawah rak kawat, siram cake dengan lapisan topping hingga semua permukaannya tertutup topping. Sendoki bahan topping yang meleleh turun dan siramkan kembali ke permukaan yang toppingnya belum merata.  Taburi dengan coklat messes ke seluruh permukaan topping. 


Diamkan cake agar topping mengeras atau masukkan ke kulkas + 10 menit. 


Potong-potong cake dengan pisau tajam dan cake siap disajikan. 

No comments:

Post a Comment