Tuesday, August 2, 2011

Kue Bika Ambon Mini

Resep Kue Basah Bika Ambon Mini



Bahan Taburan: 
- Kenari keping untuk taburan

Bahan Adonan Biang: 
- 1 sdm tepung terigu
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdm ragi instan
- 60 ml air hangat

Bahan Adonan Dasar:
- 400 ml santan, dari 2 butir kelapa
- 20 lembar daun jeruk
- 6 lembar daun pandan, potong-potong
- 2 – 3 batang serai bagian putih, memarkan.
- 1/2 sdt garam
- 10 kuning telur
- 250 gram gula pasir
- 150 gram tepung kanji
- 30 – 50 ml air daun suji-pandan

Cara Membuat: 
1. Adonan biang: Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan dalam wadah. Masukkan air hangat, aduk hingga tercampur rata, biarkan selama kurang lebih 15 menit. 
2. Adonan dasar: Masukkan santan, daun jeruk, daun pandan, serai dan garam dalam panci. Masak di atas api sedang hingga menjadi areh sebanyak kurang lebih 300 ml, saring buang ampasnya, sisihkan.
3. Kocok kuning telur bersama gula hingga berbuih dan kental, masukkan areh/santan kental, tepung kanji, adonan biang dan air daun suji-pandan. Aduk dengan menggunakan tangan, sambil adonan ditepuk-tepuk hingga terasa ringan. Sisihkan selama kurang lebih 2-3 jam hingga adonan mengembang.
4. Panaskan oven dengan api bawah hingga mencapai suhu 250 derajat C. Olesi mangkuk cetakan bentuk oval atau bundar volume kurang lebih 60-75 ml dengan minyak goreng, panaskan dalam oven hingga mendesis bila ditetesi air. Masukkan 3-4 sdm adonan ke dalam mangkuk cetakan.
5. Masukkan cetakan berisi adonan ke dalam oven, biarkan pintu oven sedikit terbuka. Panggang selama kurang lebih 40 menit hingga permukaan adonan berlubang-lubang, matikan api bawah. Keluarkan kue dari oven, taburi permukaannya dengan kenari, teruskan memanggang dengan api atas hingga permukaan kue kuning kecokelatan (kurang lebih 5 – 10 menit). Keluarkan kue dari oven, dinginkan, keluarkan kue dari cetakan.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Source: http://www.sedapsedap.com/

No comments:

Post a Comment