Friday, April 17, 2009

UAN (Ujian Akhir Nasional) 2009

Antara fakta dan harapan…..

Miris rasanya kalo melihat siswa SMK sekarang mau menghadapi Ujian Akhir Nasional pekan depan. Betapa tidak, dengan hasil beberapa kali try out yang sudah diadakan, rata-rata hasil yang didapat tidak menampakkan peningkatan yang signifikan. Bahkan prediksi yang beredar dikalangan pendidikan berkaitan dengan hasil UAN 2009 mengatakan bahwa antara siswa yang lulus dengan yang tidak lulus lebih banyak yang tidak lulus.

Apakah ini pertanda bahwa dunia pendidikan kita akan semakin menurun? Semoga saja tidak. Yah… tinggal bagaimana pemerintah dan masyarakat kita menyingkapi fenomena ini. Bukan sulap bukan sihir…. Barangkali sepuluh tahun kedepan Bangsa Indonesia akan semakin terpuruk kalo keadaan seperti ini terus dibiarkan. Bukannya mendoakan, tetapi bisa jadi ini yang akan terjadi.


Saya seorang Guru SMK yang rata-rata siswa saya adalah laki-laki dan menjadi seorang Wali Kelas dengan jumlah siswa bimbingan 60 orang. Dari hasil yang saya dapatkan beberapa bulan terakhir ini wuiih…. Ngeri… kalo melihat progress mereka. Rasanya jantung cemut…cemut…. Hehehehehe….

Yah…. Semoga saja siswa-siswa sekolah cepat sadar dan berubah, bukan saatnya mereka senang-senang saat ini. Yang mereka butuhkan adalah bekal hidup yang berupa ketrampilan dan yang pasti predikat “LULUS” dalam ijasah mereka….

No comments:

Post a Comment