Sunday, August 15, 2010

Hasil MotoGP Ceko 2010

Grand Prix Republik Ceko, di Sirkuit Brno, kemarin (15/8), Lorenzo kembali menunjukkan supremasinya. Dia menang dengan mudah, meraih kemenangan ketujuhnya dari sepuluh lomba yang sudah berlalu.

Dengan hanya delapan lomba tersisa, gelar juara dunia 2010 sudah di depan mata Lorenzo. Dia pun sangat berpeluang meraihnya dengan dominasi luar biasa, lebih dominan dari ketika Rossi meraih tujuh gelar juara dunianya di kelas tertinggi grand prix motor.

Melihat dominasi Lorenzo hingga pertengahan 2010, sangat mungkin dia bisa menyamai, atau bahkan mengalahkan jumlah kemenangan dalam semusim itu. Apalagi, melihat para pesaing sekarang, tidak ada satu pun penunggang lain (Yamaha maupun bukan) yang sepertinya mampu mengganggu dominasi Lorenzo!

Andai tidak mampu meraih 11 kemenangan musim ini, Lorenzo sebenarnya juga tidak perlu terlalu ngotot. Berkat kemenangan kemarin, dia sekarang unggul 77 poin di atas Dani Pedrosa (Repsol Honda). Berarti, andai Lorenzo absen di tiga selanjutnya, dan Pedrosa memenangi ketiganya, Lorenzo tetap bercokol di puncak klasemen!

Kemarin, Pedrosa merupakan satu dari dua pembalap yang berpeluang mengganggu Lorenzo. Pedrosa mampu menempel Lorenzo sampai pertengahan lomba. Namun, Lorenzo lantas mampu terus tancap gas. Ketika lomba berakhir di putaran ke-22, Lorenzo menang cukup jauh, selisih lebih dari lima detik.

Calon pengganggu kedua adalah Ben Spies, penunggang Monster Yamaha Tech 3. Start dari posisi kedua, Spies sempat terlihat meyakinkan di awal lomba. Tapi, dia pun lantas tak mampu mengimbangi kecepatan Lorenzo (dan Pedrosa). Bahkan, Spies juga tak sanggup naik podium, harus rela finis keempat di belakang Casey Stoner (Ducati Marlboro).

Sementara Rossi, yang masih berkutat memulihkan diri dari cedera kaki, kemarin finis di posisi kelima.

Usai lomba, Lorenzo mengaku kemenangan di Brno ini tidaklah semudah yang terlihat dari luar. "Ini hari yang cukup sulit. Karena saya sempat kecelakaan saat kualifikasi, rasa percaya diri saya tidaklah terlalu tinggi. Apalagi angin yang kencang membuat lomba makin sulit bagi seluruh pembalap. Bagi saya, ini kemenangan yang fantastis," ucapnya seperti dilansir BBC.

Bagi Yamaha, dominasi Lorenzo ini sangat, sangat penting. Khususnya di Brno. Sebab, akhir pekan itu merupakan akhir pekan penting, penanda dimulainya perceraian antara Yamaha dan Rossi.

Usai lomba tersebut, Rossi memang dijadwalkan mengumumkan keputusan yang sangat ditunggu-tunggu penggemar MotoGP. Bahwa dia akan meninggalkan Yamaha, pabrikan yang sudah dia bela sejak 2004, untuk bergabung di Ducati mulai tahun depan. (aza)

Hasil MotoGP Republik Ceko

Sepuluh Besar, 22 Lap

1. Jorge Lorenzo Fiat Yamaha

2. Dani Pedrosa Repsol Honda

3. Casey Stoner Marlboro Ducati

4. Ben Spies Tech 3 Yamaha

5. Valentino RossiFiat Yamaha

6. Nicky Hayden Marlboro Ducati

7. Colin Edwards Tech 3 Yamaha

8. Marco Melandri Honda Gresini

9. Hector Barbera Aspar Ducati

10. Randy de Puniet LCR Honda

Klasemen Sementara

Setelah 10, di Antara 18 Seri

1. Jorge Lorenzo 235 Poin

2. Dani Pedrosa 158

3. Casey Stoner 119

4. Andrea Dovizioso 115

5. Valentino Rossi 101

6. Nicky Hayden 99

7. Ben Spies 90

8. Randy de Puniet 75

9. Marco Melandri 61

10. Colin Edwards 57

No comments:

Post a Comment