Wednesday, August 11, 2010

Kabar MotoGP 2010 (8)

Jelang MotoGP Ceko 2010

Akhir pekan ini, tema persaingan perebutan poin semakin "tidak penting" dengan rencana Rossi untuk mengumumkan masa depannya. Juara dunia sembilan kali itu lama digosipkan akan meninggalkan Fiat Yamaha dan bergabung ke Ducati.

Rencana kepindahan Rossi tersebut membuat silly session alias gosip kepindahan pembalap begitu memanas. Sebab, tidak hanya dia yang kontraknya berakhir akhir musim nanti. Kondisi tiga pembalap papan atas lainnya, Lorenzo, Pedrosa, dan Casey Stoner, sama. Stoner sudah pasti meninggalkan Ducati untuk pindah ke Honda tahun depan.

Meski Stoner lebih dulu memastikan kepindahan ke Honda, sebenarnya itu tidak lepas dari rencana kedatangan Rossi ke Ducati. Jadi, dalam hal ini bisa disebut Rossi menggusur Stoner dari Ducati.

Apalagi, meski belum mengumumkan kepastian pindah, banyak hal yang sebenarnya menegaskan bahwa Rossi pasti ke Ducati. Pertama, dia tidak boleh lagi menjajal motor terbaru Yamaha M1 yang akan diterjunkan musim depan. Yamaha pun sudah menyiapkan pembalap tim satelit Ben Spies untuk menggantikan Rossi.

Lantas, bagaimana Lorenzo dan Pedrosa? Mereka sangat mungkin bertahan. Lorenzo akan menjadi andalan utama Yamaha untuk menggantikan Rossi. Sedangkan Pedrosa akan beradu hebat dengan Stoner untuk menjadi jagoan Honda.

Selain perpindahan pembalap, hal lain yang tidak kalah hot dibicarakan adalah perubahan wajah tim-tim pabrikan. Itu terkait dengan perubahan sponsor utama mereka musim depan. Uniknya, perubahan tersebut tak lepas dari perubahan pembalap di tim bersangkutan.

Salah satu hal yang menonjol adalah kemungkinan hengkangnya Fiat sebagai title sponsor tim utama Yamaha. Fiat memilih menarik diri jika Rossi meninggalkan tim itu. Seperti diketahui, Rossi yang notabene adalah pembalap Italia dulu menarik Fiat untuk bergabung bersama Yamaha.

Untuk mengganti Fiat, ada beberapa perusahaan yang terlibat negosiasi dengan Yamaha. Yaitu, perusahaan perminyakan asal Malaysia, Petronas, dan perusahaan telekomunikasi Spanyol, Movistar/Telefonica. Untuk Telefonica, daya tarik Lorenzo yang berasal dari Spanyol menjadi faktor penguat.

Dengan bergabung bersama Yamaha dan Lorenzo, Telefonica bisa memperkuat posisinya di Spanyol. Selain itu, dengan menggandeng Lorenzo, Telefonica akan membuat pembalasan terhadap Dani Pedrosa. Sebelum bergabung ke Repsol Honda di MotoGP, Pedrosa sangat setia bersama tim Movistar/Telefonica di kelas 125 dan 250 cc.

Jika Rossi benar-benar pindah ke Ducati, bukan tak mungkin tim asal Italia itu berganti wajah. Meski Marlboro tetap akan menjadi yang utama, masuknya Fiat akan memberikan perubahan dalam corak Ducati yang ditunggangi Rossi. Itu tak lepas dari ambisi Ducati mengedepankan nama Italia, bersama Rossi dan Fiat.

No comments:

Post a Comment