Thursday, December 9, 2010

Pertamax Racing

Pertamina mengeluarkan produk baru bernama Pertamax Racing. Harga bahan bakar minyak (BBM) yang mulai diluncurkan hari ini dijual di kisaran Rp50-60 ribu/liter.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo menjelaskan target pemakai BBM rancangan pertamina ini memang sangat khusus, yakni mereka yang mempunyai hobi balap. Pertamax Racing membuat kemampuan akselerasi kendaraan balap akan lebih cepat 1,7 detik dibanding menggunakan bahan bakar biasa.

Bahan bakar ini merupakan bahan bakar rancangan khusus hasil penelitian tim peneliti Pertamina. Setelah dilakukan uji kinerja produk mulai Engine Synotest, Chassis Dynotest dan Road test pada 19 Oktober 2010, "Hari ini produk ini mulai diluncurkan dan siap dipasarkan,"kata Djaelani saat Grand Launching New Product Pertamax Racing RON 100 Indonesian Series of Motorsport 2010 di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu 5 November 2010.

BUMN perminyakan di Indonesia ini memastikan bahwa hasil penelitiannya telah memenuhi standar ketentuan dunia dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar pembalap. Produk ini memiliki RON (Research Octane Number) 100 atau jauh lebih baik ketimbang Pertamax dan Pertamax Dex. Hasil-hasil penelitian diklaim telah memenuhi standar Federation International Motor (FIM) dan Federation International Automobile (FIA) sebagai standar internasional.

Selain itu kelebihan Pertamax Racing juga dikembangkan dengan menambah aditif serta Bioethanol. Dengan demikian selain produk ini berkualitas tinggi, Pertamax Racing disebut juga ramah lingkungan.

Djaelani menjelaskan Pertamax Racing ini lebih baik dibanding bahan bakar yang digunakan pembalap saat ini. Pasalnya bahan bakar Avgas (aviation gasoline) yang kebanyakan digunakan saat ini, sebenarnya bukan pilihan tepat karena peruntukannya adalah untuk pesawat terbang. Oleh komunitas pembalap bahan bakar ini disebut Benzol.

Avgas juga dinilai bukan peruntukan bahan bakar pembalap, karena mengandung Tetra Ethyl Lead (TEL) yang tinggi dan dapat berbahaya bagi kesehatan. TEL ini disebut dapat merusak sistem syaraf dan menurunkan IQ.

"Pertamax Racing juga diciptakan karena selama ini kebutuhan bakar balap kita banyak dipenuhi dari impor," kata Djaelani.

Pertamax Racing merupakan produk baru Pertamina dan formulasinya khusus dengan penambahan corrosion inhibitor, antioxidant, dan detergent. Formula BBM itu dirancang khusus untuk pembalap. Dengan formula itu air kinerja khusus ke mesin berupa air fuel ratio (AFR), daya dan torsinya dipastikan akan makin baik.(indojunkers.com)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment