Thursday, December 9, 2010

Software Pembuat Laptop Menjadi Wireless Router / Hotspot

Bagi anda yang memiliki laptop dengan sistem operasi windows 7, anda bisa membangun jaringan hotspot hanya bermodalkan koneksi internet dan laptop anda.

Dengan begitu, cukup laptop anda saja yang terkoneksi dengan internet (ethernet connection / kabel internet) dan teman – teman anda yang lainnya bisa ikut menikmati akses internet tersebut melalui jaringan hotspot yang anda buat. Intinya..anda akan menyulap laptop anda menjadi wireless access point supaya laptopteman- teman anda yang lain bisa berinternet jika bergabung dengan network anda.
tertarik ???

Kebutuhan :

- System atau OS anda Harus WINDOWS 7, selain Windows 7 semuanya tidak bisa
- Laptop yang dilengkapi dengan Wifi / Wireless.


berikut ini saya berikan langkah – langkahnya :

1. Download Dan Install Connectify

2.Buka connectify dari icon yang ada di taskbar / yang ada dekat tanggal dan waktu.

3. Isikan nama WiFi network, password access, kemudian tentukan jenis koneksi yang ingin anda gunakan untuk berbagi (support LAN, VirtualBox Host Only, Wireless Network, serta tanpa internetsharing). Setelah itu klik start hotspot.

Contoh :

Wifi Name : [ Nama Hotspot yang ingin kita mau ] misalna Hotspot99
Password : [ Ini Diisi Minimal 8 huruf/ angka, misalnya hotspot9999 ]
Internet : [ Koneksi Internet Apa yang ingin anda share ] misalnya saya pakai speedy unlimited, maka otomatis saya akan tujukan ke Local Area Connection ] Disitu ada pilihannya....

4. Setelah itu program tersebut akan bekerja dan silahkan mengkoneksikan komputer / laptop lainnya ke laptop anda.

5. perlu dicatat bahwa connectify hanya bisa diinstall dan bekerja di laptop dengan sistem operasi windows 7, namun komputer dengan sistem operasi apapun bisa terhubung dengan jaringan tersebut tetap bisa connect walaupun windows xp ataupun vista [ tidak pengaruh ]. Sebagai contoh, kita menghubungkan laptopbersistem operasi windows XP ke jaringan hotspot yang dibuat dengan connectify di laptop bersistem windows 7 :

1. buka wireless network
2. Pilih network yang sudah dibuat tadi
3. masukkan password dan klik connect
4. laptop yang bersistem operasi windows XP sudah terkoneksi ke jaringan hotspot yang dibuat oleh laptop windows 7 dengan connectify.
5. sekarang semua laptop teman – teman anda bisa terkoneksi dan anda bisa mulai berinternet bersama teman – teman hanya dari 1 koneksi internet kabel saja , mudah sekali bukan?? :)

* Perlu diketahui Setelah di Test Untuk Pemakai Modem GSM itu tidak bisa dishare, yang bisa di share hanya LAN / ADSL
Tapi anda juga boleh mencoba mana tau bisa yah....

No comments:

Post a Comment