Friday, September 30, 2011

Khasiat Serai

Tanaman Obat ini dipergunakan dalam berbagai kebudayaan. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya. Apa saja khasiat serai yang belum banyak diketahui?

- Obat gangguan pencernaan

Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

- Manfaat pada sistem saraf

Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.

- Menurunkan tekanan darah

Serai efektif dalam ngurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.

- Kulit indah
Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.

Cara Membuat Ramuan tanaman Serai

Sediakan 40 gram daun serai segar dicuci bersih ya, setelah itu ambil 2 gelas air dan direbus hingga airnya menjadi 1/2 setelah dingin disaring dan diminum deh 2 kali sehari
- melancarkan haid = minum 2 kali sehari sebelum makan
- Maag = minum 2 kali sehari sesudah makan
- sakit gigi dan gusi bengkak = dikumur

Mengusir batuk sediakan 50 gram daun serai yang kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya menjadi 1/2, minumlah 3 kali sehari

Menyembuhkan keseleo sediakan buah kemiri 3 butir ditumbuk bersama 2 batang serai beri air sedikit lalu dipanaskan (sebentar saja), setelah itu oleskan ditempat yang keseleo
semoga bermanfaat

berbagai sumber

No comments:

Post a Comment