Sunday, October 30, 2011

7 TANDA -TANDA BAHAYA IBU HAMIL MENJALANKAN AKTIVITAS | Resiko Hamil Diusia Matang Kehamilan

Foto 7 Tanda Bahaya Ibu Hamil
7 TANDA -TANDA BAHAYA IBU HAMIL MENJALANKAN AKTIVITAS | Resiko Hamil Diusia Matang Kehamilan. Untuk beberapa calon ibu, sedikit rasa sakit dapat menyebabkan munculnya alarm berbahaya dan langsung berkunjung ke dokter kandungan. Bagi calon ibu yang lain, rasa sakit yang sama kadang tidak dihiraukan. Mereka berpikir itu adalah kejadian normal pada kehamilan. Bagaimana cara membedakan antara gejala yang membutuhkan perhatian medis segera dengan yang tidak berbahaya, yang bisa menjadi bahan pertanyaan untuk Anda ketika konsultasi lanjutan ke dokter kandungan?APPLE TANTANG BALCKBERRY MESSENGER DENGAN IMESSAGE | Keunggulan Apple iMassage Tidak Perlu Menggunakan Pin dan 5 MACAM MAKANAN PENGHASIL SUPER ENERGI MANUSIA | Cara Cepat Atasi Otot Keram.

Konsensusnya adalah lebih baik selamat daripada menyesal. Ketika timbul tanda-tanda yang tidak biasa yang membuat Anda ragu, telepon atau kunjungi dokter. Ada beberapa tanda yang tidak boleh diabaikan.
Berikut adalah tujuh tanda yang berpotensi menimbulkan komplikasi serius selama kehamilan.

Tanda 1 : Pendarahan pada trimester berapa pun
Perdarahan bisa berarti banyak hal. Perdarahan parah disertai sakit perut yang amat sangat dan juga kram seperti sedang menstruasi, atau terasa akan pingsan dan semuanya terjadi pada trimester pertama, itu bisa menjadi pertanda hamil di luar kandungan," kata Peter Bernstein, MD, profesor obgin klinis di Albert Einstein College of Medicine dan Montefiore Medical Center di Bronx.

Hamil di luar kandungan terjadi jika telur yang telah dibuahi tertanam di tempat lain, kecuali di dalam rahim. Hamil di luar kandungan dapat mengancam jiwa calon ibu. Perdarahan hebat disertai kram juga bisa menjadi tanda keguguran pada trimester pertama atau awal trimester kedua.

Dengan kata lain, perdarahan pada fase apa pun selama kehamilan adalah berbahaya. Jangan tunda untuk segera ke dokter jika terjadi perdarahan saat Anda hamil.

Tanda 2 : Mual dan muntah yang parah
Mual dan muntah parah sampai Anda tidak dapat menahan makanan apa pun di dalam perut tergolong situasi yang berbahaya. "Jika Anda tidak dapat makan atau minum apa pun, dehidrasi mengancam," kata Bernstein.

Anda juga terancam kekurangan gizi, yang bisa menyebabkan kelahiran cacat sampai lahir prematur. Karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi ke dokter jika mual dan muntah parah berlanjut. Ada obat yang aman yang dapat dikonsumsi untuk mengendalikannya. Mungkin juga dokter akan menganjurkan perubahan pola makan, sehingga Anda dapat menemukan makanan yang tidak menyebabkan mual dan muntah.

Tanda 3 : Aktivitas janin menurun secara nyata
Apa artinya jika calon bayi, yang biasanya sangat giat bergerak, tiba-tiba tampak seperti kekurangan energi? "Jika bayi dalam kandungan tidak aktif bergerak seperti biasanya, bisa jadi janin tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi dari plasenta," ungkap Bernstein.

Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Bernstein menyarankan agar Anda minum atau makan sesuatu yang dingin dan kemudian tidur dalam posisi miring. Tunggu apakah janin akan bergerak. Jumlah tendangan juga dapat dijadikan indikator Tidak ada patokan untuk itu, tetapi 10 atau lebih tendangan dalam waktu dua jam adalah jumlah yang normal. Kalau kurang dari itu, segeralah menghubungi dokter. Dokter memiliki alat-alat yang cocok untuk melihat apakah janin dalam kondisi normal, bergerak, dan tumbuh sesuai usia kandungan.

Tanda 4 : Kontraksi dini pada trimester ketiga
Kontraksi bisa menjadi pertanda kelahiran sebelum waktunya. Sayangnya, banyak calon ibu yang terkecoh antara tanda kelahiran yang sesungguhnya dengan tanda kelahiran yang "palsu" (false labor).

False labor disebut sebagai kontraksi Braxton-Hicks. Kontraksi jenis itu sama sekali tidak dapat diprediksi, tidak beritme dan intensitasnya tidak meningkat. Biasanya akan menghilang dalam waktu satu jam atau ketika Anda minum. Sementara itu kontraksi tanda kelahiran yang sesungguhnya berinterval 10 menit atau kurang dan intensitasnya semakin meningkat.

Yang peling penting adalah jangan main-main dengan keselamatan jabang bayi. Jika Anda mengalami kontraksi pada trimester ketiga, jangan buang waktu. Segeralah temui dokter. Bila bayi masih terlalu masih muda untuk dilahirkan, dokter memiliki alat penunda kelahiran.

Tanda 5 : Air ketuban pecah Anda sedang berjalan ke dapur dan merasa ada air dalarn jumlah banyak mengaliri kedua kaki. Bisa jadi itu karena air ketuban yang pecah. Atau bisa kandung kemih. Jika tidak yakin apakah air tersebut air ketuban atau urin, cobalah untuk ke kamar mandi dan buang air kecil. Jika cairan terus mengalir, berarti itu air ketuban. Anda harus segera ke dokter atau rumah sakit.

Tanda 6 : Sakit kepala yang terus-menerus, sakit perut, gangguan penglihatan, dan pembengkakan selama trimester ketiga
Semua gejala itu bisa menjadi tanda terjadinya preeklampsia. Itu adalah sebuah kondisi yang serius yang terjadi selama kehamilan dan bisa berbahaya. Preeklampsia ditandai dengan tingginya tekanan darah dan adanya protein di dalam urin yang biasanya terjadi setelah pekan ke-20 kehamilan. Hubungi dokter segera dan periksakan tensi Anda. Perawatan prakelahiran dapat mengatasi preeklampsia secara dini.

Tanda 7 : Gejala flu
Pada musim flu, ibu hamil biasanya akan dengan mudah tertular flu dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil. Itu disebabkan kehamilan memberi stres tambahan terhadap sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, ibu hamil berisiko tinggi untuk terkena komplikasi serius dari flu.

Gejala flu termasuk demam, batuk-batuk, tenggorokan nyeri, hidung berlendir, bersin-bersin, mual, muntah, dan diare. Jika Anda tidak hamil dan mengalami gejala flu, sebisa mungkin hindarkan diri dari ibu hamil ; agar mereka tidak tertular.

Sebagai tambahan, jika ibu hamil mengalami demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius, itu tanda ada infeksi. Sekali lagi, jangan tunda untuk pergi ke dokter jika itu terjadi. (Dian Savitri)

Tidak sedikit pasangan yang memilih untuk menunda memiliki momongan hingga karir dan finansial lebih mapan. Benar bahwa kehamilan memang perlu direncanakan, tetapi kehamilan di usia matang memiliki risiko tinggi.
Peluang hamil di usia di atas 35 tahun memang lebih kecil karena jumlah sel telur berkurang. Disukai atau tidak namun setiap perempuan terlahir dengan seluruh sel telur yang dimilikinya dan satu persatu akan dikeluarkan setiap bulan saat menstruasi.
Menurut Dr.Prashant Nadkarni dari Kuala Lumpur Fertility Center, usia kesuburan wanita mulai menurun di usia 35 tahun. "Kehamilan sebaiknya tidak ditunda terlalu lama karena bertambahnya usia akan mengurangi risiko keberhasilan pembuahan," katanya.
Kehamilan di usia matang juga memperbesar risiko keguguran dan bayi lahir dengan kelainan mengingat kualitas kromosom dan sel telur tidak lagi sebaik di usia muda.
Ia menjelaskan saat ini dunia sedang menghadapi krisis kesuburan, bahkan di negara dengan jumlah penduduk terbesar seperti China. "Tetapi ini bukan isu yang serius dan para ahli tidak melihatnya seperti halnya sebuah penyakit," katanya.
Di Asia 80 persen orang diperkirakan menderita infertilitas. Beberapa negara yang menghadapi masalah kesuburan paling berat adalah Singapura, Hongkong dan Macau.
Di luar usia saat menikah yang makin bergeser, Nadkarni mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan penurunan kesuburan, misalnya gaya hidup, gangguan kesehatan, dan polusi lingkungan.
Para ahli mengatakan kegemukan berlebih merupakan penyebab utama banyak pasangan kesulitan hamil. Idealnya, indeks massa tubuh untuk hamil adalah antara 19-24.
Jumlah sperma pria juga dipengaruhi oleh berat badan. "Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi alkohol dan merokok juga mengurangi jumlah sperma," katanya.
Faktor lainnya adalah stres. Biaya hidup yang tinggi, kemacetan dan jam kerja yang tinggi seringkali menyeret seseorang dalam lingkaran stres. "Stres bisa mengganggu ovulasi. Stres juga membuat siklus menstruasi terganggu dan gairah seksual pria dan wanita turun," paparnya.kompas.com

7 TANDA -TANDA BAHAYA IBU HAMIL MENJALANKAN AKTIVITAS | Resiko Hamil Diusia Matang Kehamilan, Makanan Kesehatan Untuk Wanita Hamil

No comments:

Post a Comment