Wednesday, October 26, 2011

Mengenal Kemampuan pengguna otak kiri atau kanan







 
Aktifasiotak - Menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan sangat penting bila anda ingin berpikir kreatif, memiliki ingatan yg tajam, mampu mendengar dgn baik, menulis kreatif serta sanggup membaca dgn pemahamam penuh. Kemampuan diatas membutuhkan koordinasi yg baik antara otak kiri dan otak kanan.

Otak manusia terbagi menjadi 2 bagian yakni otak kiri dan otak kanan dan tentu saja fungsi dari kedua belahan otak tersebut berbeda. Otak kiri memiliki fungsi sebagai pengendali Intelligence Quotient alias IQ seperti angka, tulisan, hal perbedaan, hitungan, urutan, bahasa dan logika. Gangguan dalam hal fungsi berbahasa, matematika dan berbicara dapat terjadi apabila terjadi kerusakan pada otak kiri dan daya ingat otak kiri disebut bersifat jangka pendek.

Sedangkan Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient atau EQ, seperti hal kreativitas, khayalan, persamaan, musik,bentuk dan ruang, emosi, serta warna. Berbeda dgn otak kiri, daya ingat otak kanan bersifat panjang. Fungsi otak yg terganggu apabila terjadi kerusakan pada belahan otak ini adalah kemampuan visual dan emosi.

Mengenal ciri khas pengguna otak kiri atau kanan

Seseorang yg dominan menggunakan otak kirinya biasanya akan memiliki perilaku seperti contoh dibawah ini :
Konsisten dan sangat stabil
Menyukai informasi yg faktual
Memiliki jadwal yg teratur dan alokasi waktu yg terencana.
Memiliki kemampuan tuk menganalisis sesuatu dan sekaligus memprediksi sesuatu yg akan terjadi.
Lebih banyak menggunakan logika
Bermain aman

Sedangkan bagi yg dominan menggunakan otak kanannya akan cenderung memiliki sifat :

Banyak menggunakan perasaan
Berdasar pada fantasi
Lebih suka pada sesuatu yg bersifat acak
Spontan
Fleksibel namun terkadang sulit ditebak.

Mengasah potensi otak anda yg luar biasa
Kehidupan kita pasti akan lebih terarah dan menyenangkan bila kita mengetahui cara tuk mengoptimalkan kinerja otak kita.

Masalahnya adalah seberapa cepat dan efektif anda mampu mengoptimalkannya? Atau mungkin sebagian dari kita malah tidak tahu sama sekali bagaimana cara tuk meledakkan potensi diri anda dgn cara mengasah dan mengoptimalkan fungsi otak yg anda miliki.

Info Terkait:
aktifasiotak

No comments:

Post a Comment