Thursday, December 1, 2011

MOBIL MPV SUZUKI ERTIGA SIAP SAINGI NEW AVANZA DAN XENIA Spesifikasi harga Suzuki Ertiga 2012

Mobil MPV Suzuki Ertiga 2012 Siap Saingi New Avanza Dan Xenia
MOBIL MPV SUZUKI ERTIGA SIAP SAINGI NEW AVANZA DAN XENIA Spesifikasi harga Suzuki Ertiga 2012. Setelah Toyota Avanza-Daihatsu Xenia meluncur resmi, sorotan kini dialihkan ke kompetitor terdekatnya, yaitu Suzuki. Kendati Suzuki Indonesia lebih banyak tutup mulut, nun jauh di India, bakal calon rival Avanza-Xenia tersebut marak diberitakan di internet, baik melalui blog maupun situs resmi media otomotif. Terlebih lagi, pada awal 2012, di ibu kota India akan diselenggarakan New Delhi Auto Expo.[VIDEO] HOTEL MEWAH DAUR ULANG SOLUSI CANANGKAN HIJAU DUNIA Hotel Shore Merupakan Hotel Daur Ulang Pertama Di Dunia dan ISU MENINGGALNYA ANDY LAU PUBLIK DUNIA SANGAT TERKEJUT Apakah Benar Andy Lau Meninggal?

Berita hangatnya, Maruti-Suzuki—produsen mobil nomor satu di negara tersebut—akan memperkenalkan prototipe produksi MPV R3 pada New Delhi Auto Expo, awal Januari mendatang. Menariknya, MPV ini diberi nama yang sangat kental lidah Indonesia, yaitu Ertiga.

Kepastian
Berita terakhir tentang MPV Ertiga datang dari media India, Motoroid, yang mengutip pernyataan Mayank Pareek, Managing Executive Officer Maruti, tentang produk barunya. "Semakin kompetitifnya pasar mengharuskan kami menciptakan dinamika baru. Kami mencoba menawarkan yang terbaik. Model-model baru seperti SUV, MPV, dan MUV membuktikan kepada dunia bahwa kami siap menghadapi masa depan dan perlu mendapatkan umpan balik dari rencana ini," ungkapnya.

Selama ini bocoran tentang MPV Suzuki tersebut lebih banyak melihat sumber tenaganya, yaitu mesin bensin K14 berkapasitas 1,4 liter (1.372 cc). Mesin ini menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 130 Nm. Dijelaskan pula, karena konsumen India lebih menyukai diesel, khusus di negara tersebut, Ertiga akan menggunakan mesin diesel 1,3 liter DDiS Turbo VGT yang menghasilkan tenaga 90 PS dan torsi 200 Nm.

Wajah depan
Media India menjelaskan, wajah Ertiga sama dengan Ritz, tetapi kenyataannya malah lebih mirip Swift. Hal tersebut tampak pada celah gril dan kap mesin yang bulat. Pastinya, dengan adanya hidung atau area bonet, penampilan Ertiga lebih keren dibanding APV dengan desain monobox.

Atap bergelombang dipertahankan untuk menambah kekuatan. Yang juga cukup menarik, jarak sumbu roda Ertiga ternyata lebih panjang dari Avanza-Xenia. Kalau duo Toyota dan Daihatsu tersebut punya jarak sumbu roda 2.655 mm, maka Ertiga 2.734 mm, dengan total panjang sekitar 4.300 mm. Dimensi ini membuat Ertiga lebih besar dan lega dibandingkan Avanza-Xenia dengan total panjang 4.140 mm.

Spesifikasi teknis lain yang menarik, Ertiga akan tampil dengan gerak roda depan (Avanza-Xenia masih gerak roda belakang). Kondisi ini tentu saja membuat kerja mesin menjadi lebih efisien.

Varian
Kendati baru akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan, bocoran detail MPV ini di India termasuk mendetail. Contohnya, MPV yang akan menyaingi Toyota Innova di India tersebut akan dilengkapi pengaman pasif udara, dan dijual dalam enam varian, yaitu LXi, VXi, ZXi, LDi, VDi, dan ZDi. Bahkan, Zxi dilengkapi ABS. Sementara itu, perlengkapan standarnya sama dengan MPV yang dipasarkan dewasa ini.

Juga dipasang ventilasi AC di atap untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang yang duduk di jok deret kedua dan ketiga. Bahkan, ada versi yang dilengkapi sunroof. Informasi lain, Ertiga menggunakan setir yang bisa disetel (tilt steering) dan jok penumpang yang juga bisa disetel, seperti pada Avanza dan Xenia tipe atas.

Tambahan lain, wiper dengan sensor hujan. Adapun perkiraan warna adalah Blazing Red, Torque Blue, Silky Silver, Arctic White, Glistening Grey, dan Midnight Black.

Soal harga, MPV ini di India ditawarkan mulai dari 700.000 rupee sampai 850.000 rupee atau Rp 121 juta-Rp 150 juta.

SUV baru
Diberitakan pula, Maruti berencana memamerkan SUV kompak baru di Delhi Auto Expo. Mobil yang masih dalam fase konsep ini adalah hasil kerja keras para insiyur Maruti-Suzuki bersama Suzuki Motor Corporation. Desainnya dikerjakan selama 9 bulan dengan acuan Swift, SX4, dan A-star. Sesuai rencana pula, SUV tersebut akan disiapkan sebagai produk global.kompas.com

MOBIL MPV SUZUKI ERTIGA SIAP SAINGI NEW AVANZA DAN XENIA Spesifikasi harga Suzuki Ertiga 2012, Suzuki Ertiga Nama Global Suzuki R3, Suzuki R3 India Beda Dengan Suzuki R3 Indonesia,

No comments:

Post a Comment